My Pregnancy

Lilypie Pregnancy tickers
duilevita
ヾ(´^,^)ノ♪ヾ(´^,^)ノ♪ヾ(´^,^)ノ♪
 
Pada suatu hari minggu gw sama suami plusss temen gw uwie sama suaminya juga ikutan Kelas Persiapan Menyusui : Post Natal dari AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) di Galenia Mom and Child Center. Kebetulan suami lagi ada di bandung, jadi sebelum pulang lagi malemnya, pagi-pagi ikutan seminar asi dulu. Ngebela-belain banget sih emang, calon ayah asi.. :)
Tau info ada seminar asi ini dari twitter (@aimi_asi), langsung ajak sesama temen hamil dan suami masing-masing..ternyata responnya positif. Langsung daftar deh saat itu juga, biayanya Rp. 90.000/orang.
Kebetulan waktu itu pesertanya ngga begitu banyak, tapi emang jadi lebih fokus dan konsen. Gw sama uwie dari jaman sekantor dulu emang kebiasaan banget melesetin-melesetin keadaan, maksutnya nge-joke garing gitu..tujuannya sih cuma untuk menghibur diri supaya ga bosyen. :p Etapi ternyata ini beda banget sama si suami-suami kita yang perhatian banget kayanya (walopun pake acara ngantuk-ngantukan segala). Salah satunya pas dibagiin angket pertanyaan seputar asi sebelum acara mulai, mereka paling semangat dan gape banget ngisi angketnya..gw sama uwie sih malah ngobrol kangen-kangenan. Hehehe..
Overall, acara seminar asi ini bener-bener ngasih banyak ilmu soal breastfeeding. Emang sih, sebelumnya gw udah dapet banyak informasi dari browsing sana-sini dan timeline-nya para pejuang asi macam @aimi_asi, @tipsmenyusui & @ID_AyahASI. Tapi dapet penjelasan langsung dari dokter berikut slide dan video-nya ya baru sekarang ini...semakin jelas aja semuanya. Motivasi lain, perihal ASI yang lagi mulai digencarkan lagi ini bukan cuma gw sebagai calon ibu yang aware, tapi juga suami punya pemahaman dan ilmu yang sama. Pengetahuan suami ini diharapkan nantinya bisa dipake ngedukung & nyemangatin kita selama breastfeeding. Kalo motif gw ngajak suami buat ngerti soal ini sih, selain biar suami dukung gw, tapi juga buat bantu gw nantinya menghadapi kalo ada pihak-pihak yang mungkin akan menghadang perjuangan gw buat menyusui dengan keras kepala.
Mana bisa menyusui dengan keras kepala kan, kalo kita ngga punya ilmunya?
Dan dari seminar asi ini gw sama suami bener-bener dapetin manfaatnya, bener-bener ngga nyesel deh walopun kita ngga ikutan sampe beres karna suami harus catch a flight.
Intinya, buat calon ibu dan ayah asi yang lain, walaupun pengetahuan soal asi ini bisa didapet dari pengalaman ibu kita masing-masing, tapi ngga ada ruginya juga menyerap ilmu "terkini" soal asi dari seminar semacam ini. Pemberian ASI ke anak bukan hanya tanggung jawab ibu, tapi juga tanggung jawab ayah buat memastikan si ibu dipenuhi kebutuhannya supaya asi bisa keluar dengan lancar. Ibu gw terakhir kasih asi 19 tahun yang lalu dengan teori jadul dan otodidak, yang kemudian gw beberkan tentang ilmu asi terkini untungnya sangat terbuka dengan perubahan. Yeah..walopun awalnya mungkin ngatain gw lebay, tapi ibu paham sekarang kalo anak jaman sekarang media informasinya sudah banyak.

Hidup ASI!!


ヾ(´^,^)ノ♪



.duilevita.
Labels: edit post
0 Responses